Header Ads

Langkah Shalat Jum'at Sama Dengan Shalat Setahun


KELUARGAKITA.CO.ID, HIJRAH - Setiap hari Jum'at umat Islam laki - laki diwajibkan untuk menunaikan Shalat Jum'at. Sebab terdapat keistimewaan didalam shalat ini sebagaimana disampaikan sejumlah riwayat.

Dituturkan dari Aus bin Aus, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi no. 496. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat penjelasan hadits dalam Tuhfatul Ahwadzi, 3: 3).

Pahala yang besar itulah yang menjadi imbalan bagi mereka yang menunaikan Shalat Jum'at sehingga memiliki bekal untuk saku di akhirat kelak. Besarnya  keutamaan Shalat Jum'at juga menjadi harapan bagi seorang muslim agar bisa selalu hadir menunaikan shalat tersebut.

Selain keutamaan soal pahal setahun itu, Shalat Jum'at juga memiliki keutamaan lain yaitu Hari Asy Syahid. Para ulama menafsirkan mengenai ayat, “Dan yang menyaksikan dan yang disaksikan.” (QS. Al Buruj: 3), dengan hari Jum’at. Sebagaimana kata Ibnu ‘Umar yang dimaksud asy syahid dalam ayat tersebut adalah hari Jum’at, sedangkan al masyhud adalah hari nahr (Idul Adha). (Lihat Zaadul Masiir, Ibnul Jauzi, 9: 70-71).

Dan tidak kalah istimewanya adalah Shalat Jum'at juga menghapus dosa bagi yang telah menunaikannya dengan benar. Dikeluarkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara shalat lima waktu, di antara Jum’at yang satu dan Jum’at yang berikutnya, itu dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar.” (HR. Muslim no. 233). (DBS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.