Header Ads

Kazan, Kota Santri di Rusia yang Menakjubkan



KELUARGAKITA.CO.ID, KHAZANAH - Kazan, salah satu kota di Rusia dikenal sebagai Kota Santri. Sebutan ini dilekatkan karena di kota yang tidak terlalu jauh dari Moskow ini warganya mayoritas Muslim.

Mereka mengaku pertama kali mengenal Islam dari seorang utusan Islam asal Baghdad pada abad ke-7 Masehi, manakala Kazan masih menjadi bagian dari wilayah Bulgaria. Sejak itu, Islam berkembang cepat di wilayah ini.

Kota Kazan juga dikenal dengan sebutan Kota Tatarstan yang merupakan negara yang berdiri sendiri di bawah bendera Kekhanan Kazan (Khanate of Kazan). Menurut sejumlah sumber, pada tahun 1522, Tsar Ivan IV dari Rusia berhasil menaklukkan dan menganeksasi (merampas) Tatarstan. Negara ini terletak sekitar 500 kilometer dari Moskow dan menjadi tuan rumah untuk sejumlah pertandingan pada Piala Dunia 2018 lalu.

Di kota ini terdapat masjid yang menakjubkan, yaitu Masjid Qul Sharif. Konon masjid ini disebut - sebut termasuk masjid terindah di dunia.   Nama masjid ini diadopsi dari nama pemimpin dan ulama terkemuka Kazan Khanate, Seid Kul Sharif, imam terakhir masjid tersebut yang sebelumnya sudah berdiri hingga dihancurkan oleh pasukan Rusia di bawah kekuasaan Tsar Ivan The Terrible pada tahun 1522. Kul Sharif sendiri gugur saat mempertahankan Tatarstan dari serbuan Rusia. (DBS)

Diberdayakan oleh Blogger.