Header Ads

Rasulullah SAW Tak Suka Orangtua yang Pilih Kasih

FOTO ILUSTRASI: RATNA GALIH

KELUARGAKITA.CO.ID, PARENTING - Sebagian para orangtua secara tidak sadar sering pilih kasih terhadap anak - anaknya, padahal tindakan ini tidak disukai Rasulullah SAW dan dilarang keras. Tak hanya itu, dari aspek psikologis anak juga akan memiliki dampak negatif.

Dikutip dari DalamIslam.com, sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari kisah An-Nu’man bin Basyir, bahwasanya ayahnya datang membawanya kepada Nabi Muhammad SAW dan berkata:

"Sungguh aku telah memberi pemberian berupa seorang budak milikku kepada anakku ini.” Kemudian Rasulullah SAW. bersabda: “ Apakah semua anakmu kau beri seperti (anakmu) ini?”
Dia menjawab: “ Tidak.” Maka Rasulullah SAW. bertanya : 

“ Apakah engkau senang apabila mereka (anak-anakmu) semuanya berbakti kepadamu dengan sama?” Dia menjawab: “ Aku mau (wahai Rasulullah).” Lalu Rasulullah SAW. bersabda: “ Kalau begitu, jangan kau lakukan (pilih kasih).”

Dari perspektif psikologi, perlakuan yang tidak adil akan memengaruhi tumbuhkembang anak hingga membentuk karakter saat mereka dewasa. Anak yang sejak kecil hidup dalam suasana lingkungan yang penuh kasih sayang dan mendapatkan keadilan maka saat dewasa kelak dia akan menjadi orang yang penyayang dan adil.

Orangtua harus ingat bahwa karkter orang dewasa sangat dipengaruhi pola asuh dan pendidikan dimasa kecil. Oleh karena ini mulai sekarang jangalah lagi membeda - bedakan antara satu anak dengan anak yang lain karena ini hanya akan berdampak buruk terhadap mental anak.

Apa yang dilakukan Ratna Galih dalam foto di atas menjadi inspirasi bagi para orangtua agar memperlakukan sama semua anak sehingga akan terjaga hubungan yang harmonis antar anak sampai dewasa nanti. (DBS)
Diberdayakan oleh Blogger.