Header Ads

Hamil Anak Ketiga, Lakukan 3 Hal ini Untuk Si Kakak


KELUARGAKITA.CO.ID, IBU DAN ANAK - Bagi orangtua tentu bahagia ketika mengetahui bahwa akan memiliki anak ketiga. Selain akan akan ramai karena jumlah anggota bertambah satu keluarga dalam rumah.

Namun demikian Anda harus memerhatikan psikologi si Kakak agar dia terkondisikan sebelumnya sehingga akan lebih siap. Jadi yang disiapkan bukan saja persalinan, melainkan psikis Si Kakak yang akan memiliki adik lagi.

Berikut ini beberapa langkah untuk mempersiapkan si Kakak pada kehamilan ketiga sehingga dia lebih siap secara psikis. Diharapkan dengan kesiapan mental Si Kaka dia mengalami perubahan psikis yang nanti justru merepotkan Anda.

1. Ceritakanlah kepada Si Kakak bahwa Anda sedang hamil dan Si Kakak akan memiliki adik lagi. Dengan cerita itu maka mental si Kakak lebih siap terutama ketika jabang bayi lahir dan hadir di tengah - tengah Si Kakak.

2. Melibatkan Si Kaka dalam persiapan persalinan. Hal ini juga penting supaya Si Kakak mulai mengerti bahwa Anda akan semakin sibuk dengan kehadiran Si Dede dan ini berpengaruh juga pada Si Kaka karena dia akan timbul pengertian.

3. Jangan Melakukan Perubahan terlalu besar. Ini yang terkadang Anda lupa bahwa meskipun namanya Kakak, tetapi dia adalah anak - anak yang tetap membutuhkan perhatian Anda. Jadi, jangan kemudian sibuk menyiapkan kelahiran tetapi Si Kakak dilupakan dan selalu disalahkan ketika Anda menghadapi masalah.

Demikian tiga hal untuk menyiapkan mental Si Kaka saat akan memiliki adik ketiga sehingga diharapkan proses persalinan lancar dan Si Kakak pun tidak merasa kehadiran adiknya hanya sebagai pemecah kasih sayang Anda. (DBS)
Diberdayakan oleh Blogger.