Header Ads

Benarkah Gen Ibu Tentukan Kecerdasan Anak


KELUARGAKITA.CO.ID, IBU DAN ANAK - Sebagian orang meyakini bahwa kecerdasan anak ditentukan dari kecerdasan seorang ibu. Pendapat ini tak selamanya benar tapi juga tak salah karena memang secara ilmiahnya Ibu memiliki peranan penting dalam kecerdasan anak.

Menurut para ahli, kecerdasan anak ditentukan oleh kromosom x, sedangkan kromosom x sendiri dimiliki oleh seorang wanita. Hal ini sangat menentukan anak perempuan, sedangkan pada anak laki- laki ditentukan oleh Ayah dan Ibu.

Pada sebuah artikel PubMed Central pada tahun 1991, ada gen yang memang secara langsung menurunkan kecerdasann pada anak karena memang mutasi gen tersebut memiliki efek kecerdasan. Sementara itu pada studi di Universitas Queensland faktor keturunan hanta mentumbangkan sekira 20 hingga 40 persen pada kecerdasan anak.

Sementara itu dalam dunia bisnis dan motivator meyakini bahwa pada hakikatnya semua orang memiliki kecerdasan. Bahkan dalam dunia pendidikan dikenal bahwa anak memiliki kecerdasan semya, hanya saja jenis kecetdasannya yang berbeda.

Ada yang cerdas sosial, politik, bisnis, musik, bahasa dan kecerdasan lainnya. Namun dari semua teori itu yang pasti adalah kehadiran Ayah dan Ibu sangatlah berharga bagi tumbuh kembang anak. Dalam perspektif Agama Islam, anak merupakan anugerah, rizki sekaligus amanah, dimana akan dimintai pertanggungan jawab oleh sang pencipta yaitu Allah SWT. (DBS/KNT)
Diberdayakan oleh Blogger.