Header Ads

Kakak Adik Bertengkar Ternyata Ada Manfaatnya Loh


KELUARGAKITA.CO.ID, PSIKOLOGI ANAK - Para orangtua terutama mereka yang memiliki anak laki - laki kakak beradik seringkali dibikin stres karena keduanya sering bertengkar, mulai dari adu mulut bahka terkadang saling kejar mengejar.

Anda tidak perlu buru - buru melerai mereka, biarkan mereka menyelesaikan persoalan mereka sendiri. Paling penting adalah pengawasan kita tetap harus terjaga agar tidak sampai kepada hal yang membahayakan.

Karena ternya bertengakran kakak beradik memiliki manfaat untuk psikologi mereka berdua. Salah satu manfaat positif dari pertengakaran kakak adik adalah pembelajaran bagi mereka tentang bagaimana memecahkan masalah, memahami sudut pandang orang lain.

Ketika kakak beradik berantem maka sesungguhnya dia akan belajar bagiamana mereka saling memehami dengan sudut pandang orang lain. Kakak akan belajar dengan sudut pandang sang adik, adik pun akan sama akan belajar dengan sudut pandang kakaknya.

Terbukti, seiring bertambahnya usia, anak akan lebih jarang berkelahi karena ia telah belajar cara mengatasi masalah yang muncul, tanpa harus diselesaikan dengan perkelahian.

Mengutip laman Raising Children Network seperti dilansir TempoCO, biasanya anak yang berusia di bawah dua tahun akan sering berkelahi akibat merebut mainan atau barang lainnya, tidak sabar menunggu giliran, dan mengungkapkan perasaannya dengan tindakan fisik. Memasuki usia 3-4 tahun, anak mulai bisa diajak bekerja sama, berbagi, atau menunggu giliran. Meski anak lebih jarang berkelahi pada tahap usia ini, mereka tetap membutuhkan dukungan dan masukan positif.

Perkembangan sosial anak semakin baik ketika berusia 5-7 tahun. Bahkan, anak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bantuan orang dewasa, tentunya harus dibantu dengan dorongan orang tua. Dan pada usia 8-12 tahun, kemampuan bekerja sama, negosiasi, dan kompromi menjadi bagian dari hidup mereka. Meski begitu, anak cenderung lebih sering protes secara lisan dibanding ketika ia masih balita. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.