Header Ads

Uchy, Ibu "Penyulap" Kardus Menjadi Mainan Unik


KELUARGAKITA.CO.ID, KREATIVITAS - Barang bernama kardus sempat heboh menjadi pembicaraan masyarakat luas pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetakan kotak suara berbahan kardus. Namun ternyata ada sosok ibu yang sudah lama bermain - main dengan kardus dan "disulap" menjadi mainan yang unik.

Ia adalah Uchy Widya, seorang ibu kreatif dengan membuat sejumlah mainan berbahan kardus. Beraneka ragam mainan ia ciptakan dengan bahan kardus semuanya. Karena kreativitasnya tersebut, Uchy pun kerap diundang oleh sejumlah sekolah dan acara - acara parenting untuk memberikan ilmu bagaimana cara membuat mainan dari kardus.

Seperti apa ceritanya sampai Uchy menggeluti kreativitas tersebut, berikut wawancara KeluargaKita dengan Uchy.

KK: Kapan persisnya mulai bikin mainan kardus, bisa diceritakan?
Saya mulai bikin mainan kardus sekitar 3 tahun lalu saat anak saya kedua memasuki usia 1,5 tahun.
Saat itu saya punya kardus bekas belanja bulan dirumah, lalu iseng saya buat mainan sederhana hanya kardus yg saya lubangi dan saya cat warna warni sesuai warna boa disetiap lubangnya. Lalu saya ajak mereka bermain.

Karena saya merasa happy mainan buatan saya dimainkan tanpa saya sadari saya jadi ikut main bareng dengan mereka, saya ikut seru seruan bareng, saya hadir seutuhnya untuk mereka.

Dan keesokan harinya mainan itu selalu dimainin dan minta main bareng, sehingga saya selalu semangat untuk bikin mainan baru untuk mereka, dan mereka selalu excited meski saat itu hasilnya masih alakadarnya.

Dari situ saya sadar bahwa bukan mainan mahal yang bikin mereka happy, tapi karena ada teman yang mendampingi mereka bermain , karena main bersamanya yang membuat mereka happy. Dari situ saya ketagihan untuk buat mainan untuk mereka.


KK:  Apakah membuat mainannya  setiap hari?
Tidak selalu, tapi memang bikin mainan kardus ini seperti me time untuk saya pribadi, saat ada waktu luang pasti saya akan buat mainan, waktunya kalau lagi banyak bisa tiap hari.. Tapi tidak selalu.

KK: Kalai bjkin jam berapa aja ya, rata - rata berapa jam
Biasanya saya mulai bikin saat anak anak sudab tidur , dan urusan rumah tangga sudah selesai bisa kisaran jam 9 malam , biasanya 2-3 jam atau kalau tanggung dan keasikan biasanya bisa sampai jam 2 malam hehe...tapi tidak selalu.

Atau weekend tapi kalau weekend lebih sering hanya bermainnya atau finishing mainan kardus dengan mewarnainya.  Karena saya ibu yg juga bekerja dari senin sampai jumat sehingga weekend adalah waktu yg saya tunggu untuk bisa main dengan anak anak.


KK: Itu bahanya ibu beli atau cari ke toko?
Untuk main sendiri, saya gunakan kardus kardus bekas belanja bulan, atau box sepatu atau barang barang yg memang ada dirumah. Saat ini untuk workshop ataupun pesanan saya gunakan kardus sisa produksi yang reject dari pabrik pabrik kardus, yang biasanya saya beli dari pelapak.kardus bekas dipinggir jalan.

KK: Bagaimana kalau ada orang yang minat beli maianan yang ibu buat
Bisa ke website maianankardus.com, atau instagram @mainankardus.com atay ke IG pribadi saya @uchywidya. Saat ini untuk tutorial membuat mainankardus juga bisa dilihat di youtube mainan kardus. (WCR/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.