Header Ads

Tradisi Pernikahan Keluarga Muslim di Luar Negeri


KELUARGAKITA.CO.ID, MUSLIM - Di belahan dunia pasti memiliki tradisi masing - masing termasuk keluarga muslim di sejumlah negara, seperti Malaysia, India dan Truki. Mereka pada umumnya menyesuaikan dengan lingkungan dimana mereka hidup.

Berikut ini tradisi pernikahan keluarga muslim di sejumlah negara.

1.India
Profesi pernikahan Muslim di India pertama kali dimulai dengan ritual Istikhara, dimana tokoh agama yang dipercayai memohon agar diberikan keberkahan saat pernikahan nanti. Sama seperti di Indonesia, prosesi nikah harus berada di hadapan seorang Maulvi, Imam agama, dan anggota-anggota terdekat.

2.Malaysia
Pernikahan bernuansa melayu, dicirikan sebagai pesta yang sangat mewah dan unik dengan pengaruh Asia dan Islam. Dimulai dengan Kedua keluarga saling berkenalan selama Adat Merisik dan Adat Bertunang. Lalu, kemudian merencanakan tanggal pernikahan. Di hari selanjutnya, pengantin wanita meghadiri upacara pewarnaan henna yang disebut dengan Berinai. Upacara ini dilakukan saat teman-teman calon pengantin meletakan henna di ujung jari mempelai.

4.Turki
Pernikahan di Turki dimulai dengan meminta tangan pengantin wanika dan mengikrarkan janji menikah di depan tamu yang ramai. Pertunangan ini dilengkapi dengan menyematkan cincin dan sapu tangan atau dikenal dengan sebutan bandana. Upacara baru dilaksanakan saat calon pengantin pria kembali dari masjid dengan hodja (seorang pengkhotbah) setelah itu, sang pengantin wanita menerima hadiah dari ibu mertuanya. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.