Header Ads

Orangtua Mesti Tahu 3 Perkembangan Psikolog Ini


KELUARGAKITA.CO.ID, PSIKOLOGI - Setiap massa usia pada manusia mengalami perubahan sesuai dengan tahapan usianya, salah satunya adalah psikologi anak usia dini. Anda mesti memahami tentang psikologi perkembangan anak usia dini agar tepat dalam melakukan penanganan.

Dalam garis besarnya ada tiga bagian dalam perkembangan masa usia dunia yang mesti diketahui para oranguta. Ketiga tumbuh kembang ini harus mendapat perhatian agar orangtua bisa memberikan penanganan yang tepat.

Berikut ini tiga sisi perkembangan masa anak usia dunia seperti dilansir Aladokter.

Tumbuh kembang fisik
Perkembangan fisik anak usia dini merupakan hasil dari interaksi antara faktor keturunan dan lingkungan. Pada masa ini, penting untuk menciptakan lingkungan yang dapat merangsang pertumbuhan dengan membiarkan anak bereksplorasi dan mencoba hal baru. Hal ini karena otak tumbuh pesat pada usia 2-6 tahun, hingga mencapai sekitar 90% otak dewasa, yang diiringi oleh pesatnya kemampuan kognitif (nalar/berpikir).

Tumbuh kembang kognitif
Perkembangan kognitif anak sudah mulai dapat dikenali ketika anak-anak sudah mampu belajar dengan menggunakan simbol-simbol, seiring perkembangan linguistik atau kemampuan mereka dalam menguasai bahasa yang digunakan. Pada masa ini, imajinasi dan memori juga Hanya saja, anak pada masa ini belum sepenuhnya mampu berpikir logis, hubungan sebab-akibat, persepsi waktu, dan perbandingan.

Tumbuh kembang sosial dan emosional
Perkembangan sosial dan emosional merupakan dua sisi yang saling berkaitan. Perkembangan ini biasanya melibatkan perolehan nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang memungkinkan anak-anak untuk berhubungan dengan orang lain secara efektif dan berkontribusi dengan cara yang positif kepada keluarga, sekolah dan masyarakat.

Itula tiga perkembangan psikologi anak usia dunia, semoga dengan mengetahui perkembangan demi perkembangan para orangtua bisa memberikan penanganan yang tepat sehingga perkembangan anakpun menjadi lebih baik karena terkontrol. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.