Header Ads

Satu Tahun, Bayi Bisa Habiskan Ribuan Popok


KELUARGAKITA.CO.ID, BAYI - Tahukah Anda berapa kebutuhan popok untuk bayi dalam satu tahun? Ternyata setelah dikalkulasikan mencapai kurang lebih 1.147 popok sekali pakai. Meski ini hanya prediksi atau kalkulasi, tapi kalau Anda sudah mengerti perkiraan kebutuhan pokok bisa dong membeli sekaligus ketika ada program diskon.

Lalu darimana kalkulasi kebutuhan pokok tersebut? Berikut ini kalkulasi tentang kebutuhan pokok bayi selama satu tahun seperti dilansir situs Parenting. Memang tidak bisa dipastikan tetapi paling tidak setelah melihat kalkulasi ini bisa ada perkiraan yang tidak meleset jauh.

Dalam ulasanya, pokok bayi dibagi menjadi beberapa ukuran, yaitu ukuran Newborn, ukuran S, ukuran M dan ukuran L. Pada ukuran Newborn, bayi membutuhkan kurang lebih 372 popok untuk sekali pakai. Perhitungan ini didasarkan pada tahapan perkembangan bayi dengan melihat frekuensi buang air kecil sebanyak 10-20 kali, frekuensi buang air besar sebanyak 4-12 kali sehingga kebutuhan rata - rata per hari 10 sampai 12 popok sehingga jika dikalikan selama satu tahun mencapai 372 popok.

Berikut kalkulasi lengkap kebutuhan popok bayi selama satu tahun yang dilansir situs Parenting.

Ukuran Newborn
Ukuran ini dikhususkan untuk bayi baru lahir. Popok sekali pakai untuk ukuran bayi baru lahir ini biasanya berbentuk perekat. Popok ini digunakan untuk bayi dengan:
Berat badan: 0 – 5 kg
Usia: 0 - 1 bulan
Tahap perkembangan bayi: newborn
Frekuensi Buang Air Kecil (BAK): 10 – 20 kali
Frekuensi Buang Air Besar (BAB): 4 – 12 kali
Kebutuhan per hari: 10 – 12 popok sekali pakai
Total: ±372 popok sekali pakai

Ukuran S
Setelah melewati usia 1 bulan, biasanya Anda sudah bisa memakaikan popok tipe celana. yang lebih praktis untuk si kecil. Popok ini digunakan untuk bayi dengan:
Berat badan: 4 - 8 kg
Usia: 1 - 5 bulan
Tahap perkembangan bayi: bisa berguling-guling dari telentang ke tengkurap dan sebaliknya. Di usia 5 bulan, beberapa bayi bisa merayap.
Frekuensi Buang Air Kecil (BAK): 10 – 20 kali
Frekuensi Buang Air Besar (BAB): 4 – 10 kali
Kebutuhan per hari: 8 – 10 popok sekali pakai
Total: ±310 popok sekali pakai

Ukuran M
Berat badan bayi usia 1 – 6 bulan idealnya bertambah 800-1000 gram per bulan. Sementara di atas 6 bulan, umumnya pertambahan berat badan hanya sekitar 200-300 gram per bulan. Popok ini digunakan untuk bayi dengan:
Berat badan: 7 - 12 kg
Usia: 5 - 9 bulan
Tahap perkembangan bayi: mulai belajar duduk dan merangkak.
Frekuensi Buang Air Kecil (BAK): 10 – 15 kali
Frekuensi Buang Air Besar (BAB): 2 – 4 kali
Kebutuhan per hari: 7 - 8 popok sekali pakai
Total: ±248 popok sekali pakai

Ukuran L
Di usia ini, frekuensi buang air si kecil semakin berkurang, sehingga kebutuhan popok sekali pakai juga berkurang. Popok ini digunakan untuk bayi dengan:
Berat badan: 9 - 14 kg
Usia: 9 - 12 bulan atau lebih
Tahap perkembangan bayi: Merangkak. Memasuki usia 12 bulan, beberapa bayi mulai bisa berdiri sendiri dan belajar berjalan dengan berpegangan
Frekuensi Buang Air Kecil (BAK): 5 – 10 kali
Frekuensi Buang Air Besar (BAB): 1 – 3 kali
Kebutuhan per hari: 6 – 7 popok sekali pakai
Total: ±217 popok sekali pakai

Dari semua ukuran itu maka jumlah kebutuhan popok untuk bayi selama satu tahun kurang lebih 1.147 popok. Bagaimana? Sekarang Anda tahu berapa jumlah kebutuhan pokok. Sekali lagi meksi tidak secara pasti karena ada faktor lain, tetapi paling tidak kita bisa memperkirakan kebutuhan untuk popok bayi. (DBS/KNT)


Diberdayakan oleh Blogger.