Header Ads

Murniawati, Ajarkan Anak Menanggung Risiko


KELUARGAKITA.CO.ID, TAMU KITA - Menjadi seorang ibu di zaman seperti sekarang ini memang mesti up to date agar bisa menjadi teman dan sahabat anak - anak, jika tidak maka orangtua akan dianggap tidak mengikuti zaman.

Hal inilah yang disadari Murniawati, ibu dari Ayu Fadia, Gagah Al Fasya dan Gigih Al Fasya. Dan salah satu yang ia praktikan adalah bagaimana mengajarkan anak - anaknya menanggung risiko terhadap setiap apa yang mereka putuskan.

"Setelah sebelumnya kita diskusikan dengan anak - anak lalu mereka merasa yakin dengan apa yang akan dilakukan maka kita serahkan kepada mereka. Risiko apapun harus siap menanggungnya," terang Alumni Fisika Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah ini.

Dalam prosesnya, kata Owner BukuLapak ini, memang perlu ada latihan karena tidak cukup hanya sekali mereka diajarkan bagaimana menanggung risiko terhadap setiap keptutusan yang mera ambil. "Soal merugi atau berhasil pada hakikatnya adalah pembelaran bagi anak - anak, termasuk ketika mereka mau ujian lalu tidak belajar maka selalu saya katakan risiko tanggung sendiri," kata wanita yang pernah mengajar di Bimbel Primagama Solo ini.

Untuk mendukung visi tersebut, Murniawati pun membuat instrumen agar sikap siap menanggung risiko pada anak bisa melekat lebih cepat. Salah satunya adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak - anak untuk mengikuti kegiatan positif, salah satunya adalah mengikuti olahraga bela diri Taekwondo.

"Alhamdulillah sejak anak - anak ikut Taekwondo mereka lebih berani, berani dengan risiko, berani mengambil keputusan dan saya optimistis apa yang ingin saya tanamkan kepada anak - anak kelak akan terlihat," kata wanita kelahiran Brebes, Jawa Tengah 14 April 1982 ini. (WCR/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.