Header Ads

Manfaat Olahraga Beladiri Bagi Psikologi Anak


KELUARGAKITA.CO.ID, PSIKOLOGI ANAK - Salah satu upaya untuk melatih mental dan kepribadian anak adalah dengan memberikan akses kepada anak - anak untuk mengikuti olahraga bela diri. Pada olahraga bela diri terdapat manfaat bagi perkembangan anak, terutama dengan mental mereka.

Menurut Ester Lianawati, Psi dari Fakultas Psikologi Universitas Kridawacana Jakarta seperti dilansir Kompas, terdapat lima manfaat olahraga bela diri bagi perkembangan mental anak. Kelima manfaat tersebut, yaitu Motorik Anak Lebih Kuat, seperti diketahui dalam olahraga bela diri terdapat gerakan memukul, menendang, merunduk, melompak,berputar serta berlatih keseimbangan.

Semua gerakan tersebut melatih motorik anak menjadi lebih kuat, apalagi biasanya dalam olahraga beladiri sering terdapat latihan lari, sit up, push up, jongkok dan gerakan fisik lainnya. Semua gerakan fisik tersebut sangat baik untuk motorik anak.

Manfaat kedua adalah Melatih Keberanian Anak, artinya ketika anak - anak mengikuti olahraga bela diri maka dia akan dibiasakan dengan keberanian karena biasanya dalam bela diri ada kegiatan sparing atau duel, entah dalam latihan atau dalam sebuah kompetisi.

Keberanian dalam olahraga bela diri dibingkai dengan jiwa sportifitas, artinya siap menang dan siap kalah serta tidak ada permainan yang curang dan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan mental anak kelak saat mereka dewasa nanti pun akan menjadi bagian dari karakter mereka.

Dan manfaat olahraga bela diri bagi anak adalah Melatih Disiplin, dalam olahraga bela diri sangat memberikan perhatian penuh pada kedisplinan karena jika hal ini tidak bisa dilakukan maka akibatnya bisa fatal. Kebiasaan disiplin inilah menjadi pelatihan mental yang penting bagi perkembangan anak.

Dan manfaat olahraga bela diri bagi pertumbuhan anak terakhir adalah Melatih Kemampuan Bersosialisasi. Ketika anak - anak berlatih maka secara otomatis mereka akan bersosial dengan teman - temannya sesama club, apalagi saat mereka mengikuti pertandingan antar club maka disana mereka akan menemukan bagaimana menghargai orang lain, bagaimana saling menghormati orang lain.

Demikian manfaat olahraga bela diri bagi perkembangan mental anak. Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan anak karena pada dasarnya setiap olahraga bela diri telah memiliki SOP masing - masing dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.