Header Ads

Ajarkan Anak Terbiasa Shalat Berjama'ah


KELUARGAKITA.CO.ID, BANTEN - Shalat berjama'ah merupakan entry point bagi seorang muslim ketika menunaikan shalat, terutama shalat wajib lima waktu. Namun terkadang sebagian orangtua melupakan untuk mengajak anak - anak mereka terbiasa shalat berjamaah.

Padahal, shalat berjama'ah tak hanya sebagai kewajiban tetapi juga memiliki dampak psikis dan sosial kepada anggota keluarga. Untuk itu mulai dari sekarang ajarkan kepada anak - anak untuk terbiasa melakukan shalat berjama'ah.

Sopwan, Anggota DPRD Propinsi Banten dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menuturkan, kebiasaan shalat berjama'ah yang dilakukan selama ini sudah mulai membekas sehingga mereka tak perlu disuruh.

"Ketika kami melakukan shalat anak laki - laki saya langsung menuju ke musholla di belakang rumah dan ikut shalat berjamaah dengan para tamu. Jadi sudah menjadi kebiasaan, Alhamdulillah," kata Sopwan.

Lalu apa saja manfaat shalat berjama'ah? Berikut ini lima manfaat melakukan shalat berjama'ah bagi seorang muslim.

1.  Allah akan melipatgandakan pahala sholat berjama’ah sampai dua puluh tujuh derajat.
2. Menjauhkan diri dari sifat munafik. Karena di antara sifat orang munafik adalah bermalas-malasan dalam sholat. Hal ini tertera dalam surat An-Nisa’ ayat 142 :

إنَّ المُنَفِقِيْنَ يُخَدِعُوْنَ اللهَ وَهُوَ خَدِعُهُمْ وَإذَا قَامُوا إلىَ الصَّلاَةِ قَامُوْا كُسَالَى يُرَاءُوْنَ النَّاسَ وَلاَ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إلاَّ قَلِيْلاً

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah. Dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan sholat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.”

3. Menjadi sebab diampuni dosanya oleh Allah. Rosulullah bersabda :

إِذَا قال اْلإِمَامُ (غَيْرِ اْلمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضّآلّين) فَقُوْلوُا : آمين, فَإِنَّهُ مِنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلُ اْلمَلاَئِكَةِ غَفِرَ لَهُ ماَتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ — رواه البجارى و مسلم

“Jika imam mengucapkan “Ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladhdholliin”, maka ucapkan amin, karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

4. Mengembangkan disiplin dan berakhlak mulia. Sholat berjama’ah mengajarkan disiplin seorang makmun senantiasa mengikuti gerakan imam dan berada di belakang imam. Hal ini tentu membiasakan melatih kedisiplinan dalam kehidupan seseorang, menghilangkan ego, perbedaan dan dengan penuh kerendahan hati patuh dan taat pada pimpinannya, yaitu imam.”

Rosulullah bersabda :

اِنَّمَاجُعِلَ اْلإِمَامُ لِيُؤْتَمٌ بِهِ, فَلاَ تَحْتَلِفُ عَلَيْهِ, وَإِذَا كَبُرَ فَكَبِّرُوْا وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوْا وَإذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوْا وَإذَا صَلّىَ جَالِسًا فَصَلّو جُلُوْساً أجْمَعِيْنَ

5. Tumbuhnya persaudaraan, kasih sayang dan persamaan.
Ketika kita melakukan shalat berjamaah di masjid maka otomatis kita akan bersosialisasi dengan jamaah lainnya yang memiliki latarbelakang berbeda, baik ekonomi, status sosial, usia dan gaya hidup. Disitulah nanti kita akan banyak mengenal karakter orang sehingga kita bisa saling menghargai satu sama lain. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.