Header Ads

4 Peran Ayah dalam Pertumbuhan Mental Anak


KELUARGAKITA.CO.ID, AYAH - Dulu, peran Ayah dalam keluarga hanya diposisikan sebagai salah satu anggota keluarga yang berkutat dalam urusan nafkah, sementara untuk pertumbuhan anak menjadi kewenangan Ibu. Belakangan mainstream seperti ini tidaklah tepat karena faktanya peran seorang Ayah sangat penting dalam perkembangan mental anak.

Berikut ini 4 peranan penting keberadaan seorang Ayah dalam pertumbuhan mental seorang anak. Jika ini dilakukan maka anak - anak akan menjadi pribadi yang perfect karena mendapat perhatian dari kedua orangtuanya.

1. Peran Menumbuhkan Mental Kemandirian
Mental seorang Ayah sebagai kepala rumah tangga tertularkan kepada jiwa anak -anak dan salah satu karakter seorang kepala adalah kemandirian. Mental ini menjadi penting bagi pertumbuhan anak agar kelak mereka menjadi orang dewasa yang mandiri. Mental kemandirian inilah lebih dominan ditularkan dari seorang Ayah, kendati ada pula sosok Ibu yang memiliki kemandirian, tetapi secara umum kemandirian melekat pada seorang Ayah karena tugasnya sebagai kepala rumah tangga.

2. Peran Ayah Menumbuhkan Mental Percaya Diri
Self confidence harus tertanam kepada anak - anak sejak dini agar kelak saat dewasa merekapun tumbuh menjadi orang yang memiliki kepercayaan diri. Dan peran seorang Ayah dalam hal ini sangatlah penting.

3. Peran Ayah Menumbuhkan Jiwa Leadership
Sebagai seorang Ayah maka memiliki jiwa leadership menjadi keharusan karena ia menjadi kepala rumah tangga. Mental inilah yang harus ditularkan juga kepada anak - anak. Untuk itu, peran seorang Ayah dalam hal ini menjadi sangat penting.

4. Peran Ayah Menumbuhkan Mentang Pemberani
Seorang kepala rumah tangga harus berani mengambil keputusan dengan segala risiko yang ada. Sebab anggota keluarga membutuhkan seorang kepala rumah tangga yang berani. Karakter atau mental ini pula harus bisa ditransfer  kepada anak - anak, sehingga keberadaan seorang Ayah menjadi keharusan agar tumbuh kembang anak terhadap keberanian bisa tertanam. (DBS/KNT)
Diberdayakan oleh Blogger.